SOSIALISASI PENGEMBANGAN PRODUK, PENGENALAN P-IRT, DAN PEMBENTUKAN KUB SEBAGAI LANGKAH AWAL DALAM MEMAJUKAN PEREKONOMIAN DESA

Tangsil Kulon, 3 Agustus 2017 (19.00 WIB)

IMG20170803192039

tangsilkulon.desa.id – Pada Rabu, 3 Agustus 2017 telah diadakan acara Sosialisasi Pengembangan Produk, Pengenalan P-IRT (Pangan Ijin Rumah Tangga), dan Pembentukan KUB (Kelompok Usaha Bersama). Acara ini menjadi bagian dari Program Kerja KKN UMD 45 Universitas Jember guna mengembangkan produk Kerupuk Pattola yang merupakan salah satu produk unggulan primadona bagi masyarakat Tangsil Kulon. Acara ini diselenggarakan di salah satu Mushollah RT 7 Desa Tangsil Kulon.  Adapun sasaran dari program ini yaitu produsen Kerupuk Pattola. Dalam acara ini tampak pula hadir Bapak Suliadi selaku Sekretaris Desa, Bapak Ach. Syadily selaku Kaur Pemerintahan, dan Kepala Dusun setempat.

Pengembangan produk Kerupuk Pattola menjadi salah satu topik utama dalam acara ini, agar nantinya produk Kerupuk Pattola yang telah lama diusahakan dapat menjadi produk unggulan kebanggaan Desa Tangsil Kulon (One Village One Product) pada khususnya dan Kabupaten Bondowoso pada umumnya. Bagian dari pengembangan produk Kerupuk Pattola yang telah direncanakan meliputi pengemasan, pelabelan, dan inovasi rasa.

Selain itu, keberadaan P-IRT (Pangan Ijin Rumah Tangga) dalam usaha Kerupuk Pattola juga penting untuk dimiliki agar nantinya produk yang telah dihasilkan dapat diakui dan terdaftar pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso. Hal ini tentunya akan berdampak pada meningkatnya kepercayaan dan kenyamanan bagi konsumen dalam memilih produk Kerupuk Pattola untuk kebutuhan konsumsinya.

Pembentukan KUB (Kelompok Usaha Bersama) menjadi pembahasan akhir dari acara ini. Adanya Kelompok Usaha Bersama nantinya diharapkan dapat mewadahi produsen Kerupuk Pattola di Desa Tangsil Kulon, sehingga dapat memudahkan produsen dalam mengembangkan produknya baik dalam proses produksi maupun pemasaran dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian produsen pada khususnya dan Desa Tangsil Kulon pada umumnya.

Menurut Khusairi selaku Kepala Dusun setempat, “acara ini bagus dan sangat bermanfaat bagi produsen Kerupuk Pattola sebagai upaya awal dalam memajukan perekonomian produsen maupun Desa Tangsil Kulon”. (Hidayat).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar