Profil Desa

Luas wilayah seluruhnya : 345 ha
Jumlah dusun ada 5 yaitu Dusun Krajan, Dusun Tangsil Tengah, Tangsil Selatan, Pasuban Utara, dan Pasuban Selatan. Dari 5 Dusun tersebut kemudian dibagi menjadi 17 Rukun Tetangga.

Desa Tangsil Kulon berada di ketinggian 246 meter di atas permukaan laut. Desa Tangsil Kulon secara topografi merupakan wilayah dataran tinggi. Desa Tangsil Kulon mempunyai iklim tropik basah dengan curah hujan rata-rata sebesar 1000-2000 mm per tahun. Intensitas hujan di Desa Tangsil Kulon tergolong sedang sehingga dapat mendukung kegiatan masyarakat dalam bidang pertanian. Sumber daya alam yang ada di desa Tangsil Kulon ada material batu kerikil. pasir urug, lahan tegalan, lahan persawahan, lahan hutan, sungai, tanaman perkebunan (cengkeh, lada, kopi,dll), dan tanah pekarangan.
Uraian sumber daya pembangunan :
Aset Prasarana Umum :
a. Jalan
b. Jembatan
c. Kendaraan angkut

Aset Prasarana Pendidikan :
a. Gedung PAUD : 2 unit
b. Gedung TK : 2 unit
c. Gedung SD : 2 unit
d. Taman Pendidikan Al-Quran : 4 unit

Aset Prasarana Kesehatan :
a. Posyandu
b. Polindes
c. MCK Umum
d. Sarana Air Bersih

Sumber Daya Sosial Budaya :
Masyarakat desa Tangsil Kulon mayoritas bersuku Madura dengan menggunakan bahasa Madura sebagai bahasa komunikasi. Hubungan dengan suku lainnya terutama pendatang cukup harmonis yang ditandai dengan suasana hubungan sosial yang damai dan saling menghormati. Adanya budaya keterbukaan masyarakat desa Tangsil Kulon akan menjadi bekal kejujuran serta mau menghargai pendapat pihak lain yang bersifat konstruktif, terpeliharanya rasa persatuan dan kesatuan masyarakat desa Tangsil Kulon baik yang berada di daerah maupun di luar daerah (merantau), menandakan masyarakat memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Hal ini sangat penting untuk membangun kekuatan rakyat dalam rangka mewujudkan pembangunan. Kehidupan religius yang sudah terbangun dalam diri masyarakt desa Tangsil Kulon dapat menjadi peranan yang sentral dalam pembangunan dan menjadi landasan moral serta etika dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun kemasyarakatan.

Skip to toolbar